Jumat, 25 Maret 2011

PERAN, FUNGSI, TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SUMBER DAYA MANUSIA

1. Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja/karyawan.

a. Persiapan
Dalam proses ini kebutuhan akan tenaga sumber daya manusia yang memadai cukup tinggi, yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan jenis pekerjaan, waktu, fasilitas, jumlah karyawan, struktur organisasi yang sudah ada, kondisi tenaga kerja dan sebagainya.

b. Pengangkatan tenaga kerja(recruitment)
Rekrutmen adalah proses untuk mencari calon atau sosok atau kandidat pegawai, buruh, karyawan, manajer, direktur, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan organisasi perusahaan.

c. Seleksi tenaga kerja
Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses untuk menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian pelamar/calon kandidat yang ada. Tahap awal penyeleksian dilakukan dengan cara melihat daftar riwayat hidup atau cv si pelamar, kemudian dilakukan penyortiran dengan mengacu pada standar perusahaan atau suatu pekerjaan, lalu berikutnya memanggil pelamar terpilih untuk dilakukan ujian tertulis/lisan, wawancara dan sebagainya.

2. Pengembangan dan evaluasi karyawan.
Tenaga kerja yang bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi diwajibkan menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Untuk itu diperlukan pelatihan(training) agar tenaga kerja tersebut lebih menguasai dan menjadi ahli di bidangnya serta meningkatkan kinerja perusahaan.

3.Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai.
kompensasi atau gaji adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari perusahaan, jika kompensasi yang didapat tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Proteksi atau perlindungan juga harus di berikan kepada pegawai agar dapat bekerja dengan tenang sehingga di dapatkan kinerja atau hasil yang maksimal.

1 komentar: