Rabu, 13 April 2011

Peran Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Suksesnya suatu Organisasi

Tingkat efektivitas manajemen Sumber Daya Manusia turut mempengaruhi kinerja suatu organisasi, sebesar atau sekecil apapun organisasi tersebut. SDM ikut berperan dalam pengembangan strategi usaha dan menjadikan SDM sebagai faktor yang harus ikut dipertimbangkan.
Contoh, manajer SDM untuk bagian produksi yang memiliki 600 tenaga kerja mempunyai tugas untuk mengkontribusi keputusan-keputusan mengenai arah pekerjaan, produksi, penjadwalan, dan keputusan lain yang menyangkut masalah produksi. Hal ini bisa di artikan bahwa ia harus dapat diterima dan memiliki kredibilitas dari para tenaga kerja bagian produksi.

Karena SDM sangat besar peranannya bagi kesuksesan suatu organisasi, maka banyak organisasi yang kini menyadari bahwa “manusia” dalam organisasi dapat memberikan keunggulan. Manajemen SDM memiliki hubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi untuk menentukan efektivitas dan efisiensi organisasi tersebut dilihat dari bakat seseorang untuk mewujudkan sasaran. Dalam suatu organisasi, manajemen SDM meliputi perekrutan, kompensasi, pelatihan, dan pengembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar