Jumat, 05 April 2013

Analisa pekerjaan yang ada di sektor swasta untuk program studi lulusan sistem informasi

Analisa pekerjaan yang ada di sektor swasta untuk program studi lulusan sistem informasi

1. Database Administrator 

mempunyai beberapa tugas utama yaitu:

a. mendefinisikan pola struktur database, pada tugas ini DBA berperan untuk memahami sistem,struktur,pola,isi record/field,user yang mengakses dan proses yang terjadi dalam database tersebut. Seorang DBA berhak untuk mengubah, menghapus,memperbaharui sistem database agar penggunaan database tersebut lebih efektif dan efisien baik dalam penghematan waktu atau penghematan biaya.

b. mendefinisikan struktur penyimpanan dan metode akses, seorang DBA harus bisa menganalisa struktur database yang sudah dibuat sebelumnya agar penggunaan database bisa berfungsi secara maksimal bagi perusahaan, seorang DBA berhak untuk membatasi, menambah,menghapus user yang mengakses database tersebut karena jika banyak user yang mengakses maka dapat menambah resiko terjadinya human error dan mengakibatkan sistem database terganggu

c.  mampu memahami pola dan organisasi fisik, selain kemampuan dalam menganalisa, seorang DBA harus bisa mempelajari perangkat keras yang digunakan untuk membuat sebuah database. Procesor kecepatan tinggi, jumlah storage dan memori yang besar merupakan hal yang mutlak dalam pembuatan database

d. memberikan kekuasaan pada user untuk mengakses data, dengan kata lain seorang DBA harus bisa membuat id dan password untuk user yang diinginkan untuk mengakses database. User yang diizinkan harus memiliki beberapa kriteria seperti mengerti database,field,record,tabel- tabel yang diakses. jika user tidak mengerti maka bisa membahayakan database itu sendiri.

e. menspesifikasikan integritas data, DBA harus bisa memisahkan atau memilih mana data yang akurat untuk dipakai oleh user atau tidak. setelah dianalisa dan data yang akurat dipisahkan dari data lama, lebih baik dibuatkan tabel baru sebagai backup agar mempermudah pengerjaan oleh user

2. Programmer
Tugasnya adalah membangun software atau aplikasi, baik itu di internal organisasi atau outsource.  Programmer perlu memiliki kemampuan yang spesifik disuatu teknologi atau spesialisasi di bahasa pemrograman, misalnya Java, .NET, pascal atau SQL. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada programmer yang menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman. Kalau dibedakan menjadi 2 bagian besar, maka akan ada programmer yang spesialisasi di desktop application dan webbased application.

3. System Analyst
bertugas untuk merancang sistem diperusahaan tempat ia bekerja. Ia bertugas menerjemahkan user requirement menjadi rancangan sistem, dari logical database sampai user interface. Ada beberapa yang menganalogikan antara analyst dan programmer seperti pekerjaan membuat baju. Kalau system analyst adalah designernya, sedangkan programmer adalah tukang jahitnya. Biasanya untuk menjadi system analyst harus dimulai dari pengalaman menjadi programmer dulu, meskipun ada beberapa company yang langsung meng-hire fresh graduate menjadi system analyst karena company tersebut memang bergerak di level analyst.

 4. web developer

bertugas untuk membangun sebuah web untuk perusahaan tempat ia bekerja, mulai dari perancangan web secara logika sampai impelementasi web pada sistem. bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman dalam pembuatan web 



contoh studi kasus pelanggaran etika dalam bidang Sistem Informasi

sebagai contoh saya akan mengambil kasus pelanggaran hak cipta. yaitu maraknya link download ilegal atau gratisan yang marak di internet. bisa juga link download tersebut digunakan sebagai jalan pintas bagi website yang baru saja di buat atau blog, karena apabila terdapat sebuah website atau blog yang sering di akses oleh user maka bisa mendatangkan uang bagi pembuat web atau blog tersebut. entah itu link download lagu atau film. karena gratis maka banyak user yang mengakses dan merupakan pendapatan tambahan bagi admin web atau blog tersebut karena web atau blog yang dia buat bersedia untuk di letakkan iklan.

sangatlah sulit untuk mencegah pelanggaran hak cipta ini mengingat penggunaan internet sudah marak bahkan dengan menggunakan handphone saja kita sudah bisa mendapatkan lagu atau film yang diinginkan tanpa bayar alias gratis. mungkin lama kelamaan periode kaset dan cd akan hilang dan akan berubah dalam bentuk digital. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar